Ini Cara Islam Memuliakan dan Mengangkat Derajat Wanita

173 views

Wanita merupakan salah satu makhluk yang dimuliakan. Kemudian kelak menjadi seorang ibu dan melahirkan anak-anak. Akan tetapi sebagian orang justru kurang menghargai wanita, baik laki-laki maupun sesama wanita.

Dalam ajaran agama Islam dijelaskan bahwa ada cara menghormati wanita dan tanpa merendahkan kedudukan serta kodratnya.

Pendakwah Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengatakan banyak hal yang membuat kesalahpahaman terhadap seorang wanita yakni kedudukan atau kodratnya. Padahal, Islam langsung membela saat ada wanita dihina.

“Pada saat perempuan itu tidak memiliki hak, dibuat mainan sama suaminya, warisan enggak dapat; ketika datang Islam, wanita diangkat derajatnya. Menjadi seorang ibu, dia tiga kali lebih (derajatnya) daripada bapak,” ujar Ustadz Syafiq, seperti dikutip dari video di akun Instagram-nya @syafiqrizabasalamah_official, Minggu (1/8/2021).

Ia melanjutkan, wanita akan menjadi seorang istri bagi laki-laki yang terbaik untuknya. Begitu juga menjadi anak perempuan salihah, kelak akan menyelamatkan kedua orangtuanya dari siksaan api neraka.

Selain itu di antara penghormatan Islam bagi wanita adalah dia tidak boleh melakukan safar atau bepergian, kecuali dengan mahramnya. Sehingga ketika tidak ada mahramnya, wanita itu sebaiknya tidak keluar, terkecuali dalam keadaan genting atau darurat.

“Sehingga bagi para wanita yang terpaksa tanpa mahram umpanya, maka hendaknya ia didampingi oleh orang-orang yang dapat dipercaya,” ujar Ustadz Syafiq.

Sementara itu menurut Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur, Ustadz Hadi Saifullah, di dalam Islam, wanita adalah sosok yang dimuliakan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga sangat menghormati semua perempuan.

“Lahirnya Islam juga dalam rangka pembebasan wanita dari diskriminasi dan ‘penjajahan’ budaya jahiliah. Banyak hadis yang menerangkan kemuliaan perempuan,” terangnya kepada MNC Portal belum lama ini.

Hadis yang menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat memuliakan wanita yaitu:

“Seorang sahabat bertanya kepada Nabi: Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali? Nabi memberikan jawaban dengan ucapan; Ibumu sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ayahmu.” (HR Bukhari Nomor 5971 dan Muslim Nomor 2548)

“Ini bukti Islam memuliakan wanita,” pungkasnya.[mokzn]

Tags: #Ini Cara Islam Memuliakan dan Mengangkat Derajat Wanita