Inggris Masukkan H4ma5 ke Daftar Organisasi Ter0r1s, Ikuti AS dan Eropa

Inggris akan melarang kelompok militan H4ma5 dan memasukkannya ke dalam kelompok ter0r1s. Menurut Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel, pendukung H4ma5 akan dijerat hukuman 14 tahun penjara.

Menurut Patel, perubahan itu akan diputuskan di parlemen pekan depan. Pemerintah Inggris beralasan tidak mungkin membedakan antara sayap politik dan militer H4ma5.

Sejak 2001, Inggirs telah melarang sayap militer H4ma5 yaitu Brigade Al-Qassam. Namun larangan langsung di bawah Undang-Undang Ter0r1sme 2000 akan membuat Inggris mengikuti sekutunya Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Seorang pejabat H4ma5 di Gaza mengatakan kelompok itu akan menunggu sampai pengumuman resmi dari Inggris sebelum mengeluarkan tanggapan.

Patel, yang sedang dalam perjalanan ke Washington, mengatakan keputusan itu berdasarkan laporan intelijen. “H4ma5 secara fundamental dan fanatik anti-Semit,” ujarnya. Ia menambahkan larangan itu diperlukan untuk melindungi komunitas Yahudi.

Jika organisasi yang mendukung kemerdekaan rakyat Palestina itu benar dilarang di Inggris, maka pakaian yang mendukung H4ma5 juga akan tak boleh digunakan.

Secara politis, keputusan pemerintah Inggris bisa membuat kelompok oposisi mengambil posisi di H4ma5. Sebabnya dukungan dari Partai Buruh terhadap Palestina amat kuat.

Awal bulan ini, seorang pria diadili di Inggris karena mengenakan kaus yang H4ma5 dan J1had Islam Palestina. Ini telah dilarang di Inggris sejak 2005. Pada Juni, Feras Al Jayoosi, 34, juga mengenakan pakaian di area Golders Green di London utara, yang memiliki populasi Yahudi yang besar.

Keputusan Inggris melarang H4ma5 itu disambut gembira oleh Perdana Menteri Israel Naftali Bennett. Ia menyebut H4ma5 kelompok Islam rad1kal yang menargetkan orang Israel yang tidak bersalah.

“Saya menyambut baik niat Inggris untuk menyatakan H4ma5 sebagai organisasi ter0r1s karena memang begitulah adanya,” ujarnya melalui Twitter.

Didirikan pada 1987, H4ma5 menentang pendudukan Israel atas wilayah Palestina. Berbasis di Gaza, H4ma5 memenangkan pemilihan parlemen Palestina 2006. Mereka merebut kendali militer atas Gaza pada tahun berikutnya.

Serangan 11 hari Israel di Gaza pada Mei tahun ini men3waskan sedikitnya 250 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak. Namun Para pejabat Israel mengatakan 13 orang, termasuk dua anak-anak, t3was di Israel oleh roket H4ma5.[sumber]

Tags: #Hamas #Inggris #palestina