Ilkay Gundogan, Pesepakbola Muslim Andalan Jerman Yang Gemar Beramal

Ilkay Gundogan merupakan salah satu pesepakola Muslim yang turut meramaikan gelaran Piala Eropa atau EURO 2020. Gundogan menjadi andalan Timnas Jerman. Pemain yang berposisi di lini depan ini memang dikenal sangat lihat mengolah bola hingga mencetak skor.

Ilkay Gundogan saat ini tercatat sebagai penyerang klub besar Inggris Manchester City. Bersama The Citizens, ia telah menyumbangkan banyak gol, serta trofi liga dan kompetisi lainnya.

Selain jago dalam sepakbola, di luar lapangan, penyerang berparas tampan ini ternyata juga sangat religius. Sebagai seorang Muslim, Gundogan diketahui taat menjalankan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala dan mengikuti sunah-sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam momen bulan Ramadhan 1442H lalu, Gundogan diketahui terlibat aksi amal dengan menyumbangkan makanan dan 3.000 jersey untuk anak-anak panti asuhan di Indonesia. Ia seakan tidak mau kalah berlomba-lomba beramal. Gundogan menggandeng basis pendukung Manchester City Supporters Club Indonesia (MSCI).

Ketua Umum MCSCI Endri Waluyo tidak menyangka komunitasnya mendapat kesempatan mengadakan kegiatan amal ini. Apalagi, Gundogan langsung yang menghubunginya.

Awalnya kegiatan hanya berlangsung di Jakarta dan sekitarnya. Namun, Gundogan lanjut membagikan beberapa kuota bagi-bagi takjil gratis ke chapter di daerah lain seperti Makassar, Lamongan hingga Sampit. Total 3.000 makanan dibagikan selama program amal ini. Selain bagi-bagi takjil, ada juga program membagikan makanan sahur.

Selain makanan, Gundogan juga membagi-bagikan jersey asli Manchester City yang didistribusikan MCSCI di yayasan sosial dan panti asuhan. Walaupun berkebangsaan Jerman, Gundogan memang memiliki darah Turki dan memeluk agama Islam. Bahkan, Ilkay Gundogan terkenal sebagai Muslim yang taat serta cukup sering melakukan ibadah Umrah.[mokzn]

Tags: #Ilkay Gundogan #Pesepakbola Muslim Andalan Jerman Yang Gemar Beramal