Habib Kribo Sebut Asmaul Husna adalah Trinitas, Eggi Sudjana Berang

Debat panas terjadi antara Advokat Tim Pembela Ulama-Aktivis (TPUA), Eggi Sudjana dan YouTuber Zein Assegaf atau Zein Kribo alias Habib Kribo hingga nyaris baku hantam.

Seperti disiarkan lewat kanal YouTube Kalam Kristus yang diunggah pada Rabu 12 Januari 2022 malam. Mulanya, Eggi Sudjana dan Zein Assegaf berbicara tentang sosok Habib Bahar dan Habib Rizieq Shihab.

Ketika debat, Eggi Sudjana posisi membela Habib Bahar dan Habib Rizieq. Sementara Zein Assegaf alias Habib Kribo posisi kontra terhadap kedua ulama itu.

Namun pembicaraan semakin melebar hingga kepada Ketauhidan atau ajaran Tauhid dalam Islam.

Egi Sudjana berpendapat bahwa pada sila pertama Pancasila, terinspirasi dari ajaran Tauhid dalam Islam. Yakni meyakini hanya satu Tuhan. Allah subhanallah wata’ala.

“Negara ini kalau saya bilang bertauhid kan salahnya di mana. Kalau dalam konstruksi ketuhanan yang maha Esa itu Islam. Kalau ada yang nggak Islam itu boleh,” kata Egi Sudjana, Kamis 13 Januari 2022.

Egi berpendapat bahwa pancasila sila pertama itu benar-benar menginspirasikan dari Islam. Sementara bahwa agama di luar Islam tidak ada yang bertauhid. Namun begitu, Pancasila sila pertama juga untuk agama-agama lain.

Pendapat itu dibantah keras oleh Zein Assegaf. Zein bilang Islam juga mengandung trinitas. Kata dia, trinitas dalam Islam itu adalah asmaul husna.

“Dalam nasrani yang dibilang trinitas itu bukan seperti genetik. Kalau di Islam 99 trinitas kok. Itu menunjukan sifat Tuhan,” ujar Zein Assegaf.

Pernyataan itu dibantah lagi oleh Egi Sudjana. Dia menilai Zein Assegaf tidak punya pengetahuan.

“Nah ini bodoh lagi. Asmaul husna itu bukan identitas itu. Itu asmaul husna. Kok disamain dengan Trinitas,” kata Egi dengan nada tinggi.

Baca Juga :   Buntut Dugaan Hina Arab, Eks Diplomat PBB Ancam Seret Habib Kribo ke Jalur Hukum Internasional: Insya Allah!

“Dengar dulu, ana mau ajarin ente” kata Zein memotong.

“Ajarin apa, lu goblok mau ajarin saya. Gila kau,” kata Egi dengan emosional.

Egi bilang Zein tak pantas mengajarinya. Zein sendiri tidak punya kapasitas.

“Lu kapasitasnya apa. Lu ngga Profesor. Lu mau debat ilmian apa. Pakai Quran gue jabarin. Pakai logika gue jabarin,” kata Egi.

“Tunggu dulu Quran ente salah” timpal Zein Assegaf.

Melihat Egi Sudjana mulai marah, Zein Assegaf langsung keluar dari ruang debat.

Egi Sudjana kemudian mengikutinya hingga terdengar keributan kecil di belakang kameramen. Bukan saja itu. Terdengar pula umpatan-umpatan dengan nama hewan yang keluar dari mulut seseorang.

 

sumber: https://bit.ly/3AdhkZj

Tags: #asmaul husna #asmaul husna trinitas #gelar habib #habib kribo #zen assegaf