Doa Saat Berhubungan Suami Istri

347 views

 

Berhubungan badan adalah hal yang halal dilakukan oleh pasangan suami istri. Selain untuk menyalurkan kebutuhan biologis, pun sebagai bentuk usaha untuk mendapatkan keturunan. Namun, bagi pasangan suami istri, hendaknya sebelum melakukan hubungan badan membaca doa terlebih dahulu sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi saw. berikut.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ أَهْلَهُ فَقَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِي ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا. رواه البخاري ومسلم.

Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Seandainya salah seorang di antara kalian hendak mendatangi istrinya, maka ucapkanlah BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNASY SYAITHAAN WA JANNIBISY SYAITHAAN MA RAZAQTANAA (Dengan nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan terhadap sesuatu yang Engkau anugerahkan kepada kami) Jika ditakdirkan memperoleh anak dari keduanya, maka setan tidak akan mampu membahayakannya selama-lamanya.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqalani di dalam kitab Fahul Bari menjelaskan bahwa maksud setan tidak membahayakan anak tersebut dapat diartikan dua kemungkinan. Yakni baik tidak membahayakan kepada agamanya atau badannya. Artinya anak tersebut diharapkan dapat terjaga keimanannya dan fisiknya.

Sebelum melakukan hubungan badan, hendaknya juga bagi pasangan suami istri berwudhu terlebih dahulu. Imam Al-Ghazali di dalam kitab Ihya’ Ulumiddin memberikan keterangan tambahan doa. Yakni setelah membaca bismillah, membaca surah Al-Ikhlas, takbir, dan tahlil, serta doa “BISMILLAHIL ‘ALIYYIL ADZIIM. ALLAHUMMAJ’ALHAA DZURRIYATAN THAYYIBAH. IN KUNTA QADARTA WALADAN YAKHRUJU MIN SHULBII” (Dengan nama Allah yang Maha Luhur dan Agung. Ya Allah jadikanlah ia keturunan yang baik jika Engkau menakdirkan anak keluar dari tulang rusukku.

Imam Al-Ghazali juga mengatakan bahwa jika hendak mendekati inzal (keluar sperma), maka hendaknya mengatakan di dalam hati tanpa perlu dilafadzkan atau menggerakkan bibir doa “ALHAMDULILLAHILLADZI KHALAQA MINAL MAI BASYARAN FA JA’ALAU NASABAN WA SHAHRAN WA KAANA RABBUKA QADIIRAN” (Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dari air (mani), lalu ia menjadikannya keturunan dan ipar. Dan Tuhanmu lah Yang Maha Kuasa.

Wa Allahu a’lam bis shawab.

 

sumber : bincangmuslimah.com

Tags: #Doa Saat Berhubungan Suami Istri