Doa Bila Dizhalimi Orang

132 views

 

JAKARTA – Dizalimi orang bagaimana doa yang pas untuk memohon pertolongan Allah Ta’ala? Pada dasarnya Allah senang dengan hambanya yang memohon pertolongan dengan doa, termasuk memanjatkan doa orang yang dizalimi.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustaz Fauzan Amin mengatakan, Allah akan mengabulkan doa tiga golongan orang. Dimana harapan dan keinginanannya saat itu akan terkabul lebih cepat.

“Ingat, doa orang yang dizalimi (pasti) makbul,” ujar Ustaz Fauzan.

Rasulullah SAW bersabda:

ثَلَاثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ الْغَمَامِ وَيَفْتَحُ لَهَا أَبْوَابَ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ : وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

“Ada tiga golongan manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doanya orang yang dizalimi. Allah akan mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah berfirman : Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta.”(HR. Tirmidzi dan yang lainnya, hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Ustaz Fauzan juga menyampaikan, jika masih memiliki kesabaran cobalah tahan. Namun, jika terlampau melebihi keterbatasan seorang manusia, maka bisa melakukan pembelaan lainnya.

“Kalau masih mampu bersabarlah. (Habis kesabaran) laporlah ke hakim atau pihak yang berwenang,” tutupnya.

Namun ketika Anda sedang dizalimi bisa membaca doa ini:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin.

Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir. (Al Baqarah [2]: 250.[m.okzn]

Tags: #Doa Bila Dizhalimi Orang