Cara Memulihkan Kepercayaan Kembali Usai Perselingkuhan

260 views

Pernikahan tidak selalu semulus seperti jalan tol. Pasangan harus melalui jalan berliku yang berupa masalah kecil atau besar. Permasalahan tersebut tidak hanya masalah finansial, bisa juga perselingkuhan. Perselingkuhan dilarang dalam Islam. Jika perselingkuhan sudah terjadi, bisakah pernikahan diobati? Berikut cara memulihkan kepercayaan kembali setelah perselingkuhan, seperti dilansir About Islam.

1. Hentikan perselingkuhan sepenuhnya

Jika Anda selingkuh, pernikahan masih bisa diselamatkan dengan menghentikan perselingkuhan sepenuhnya. Jika itu terjadi di media sosial, hapus semua akun Anda yang terkait dengan orang itu.

Memblokir saja tidak cukup karena sewaktu-waktu Anda bisa buka blokir. Terlebih, jika Anda berada di kondisi terlemah.

2. Terima tanggung jawab

Anda harus terima tanggung jawab dan risiko atas tindakan Anda. Minta maaf juga kepada pasangan setulus hati tanpa menyalahkan siapa pun. Jika belum bisa, lakukan perlahan-lahan. Memang penyembuhan ini memerlukan pertanggung jawaban.

3. Berkomunikasi dengan jujur

Saat Anda mengaku selingkuh, Anda akan menerima semua risiko yang terjadi. Pengakuan itu bisa menyebabkan ledakan emosi yang menyakitkan menimpa pasangan Anda. Meski begitu, itu tetap harus diungkapkan.

Setelah itu, Anda bisa berkomunikasi baik dengan pasangan Anda. Bicara baik-baik dan jujur agar bisa menemukan solusi.

4. Jangan memaksakan pengampunan

Ketika sudah mengungkapkan perselingkuhan, Anda jangan terlalu berharap belas kasih dari pasangan atau pasangan segera memaafkan. Bayangkan, jika Anda menjadi dia, apakah Anda dengan mudah memaafkan jenis pengkhianatan ini?

Beberapa orang harus menunggu beberapa waktu untuk itu. Memaksa pasangan Anda agar segera memaafkan malah akan memperlambat proses penyembuhan pernikahan.

5. Diskusikan mengapa perselingkuhan terjadi

Perselingkuhan bukan kesalahan orang yang dikhianati. Untuk penyembuhan itu, kedua belah pihak perlu memahami mengapa ini terjadi sejak awal.

Misal, apakah salah satu pasangan merasa diabaikan dan tidak dicintai karena tidak pernah berbicara? Pun apakah salah satu pasangan merasa tidak dicintai karena selalu ditolak secara seksual?

Pertanyaan-pertanyan itu harus didiskusikan guna mencapai solusi. Bagi pasangan Anda yang diselingkuhi, mendengar pendapat Anda bisa menjadi perspektif baru atas apa yang selama ini kurang dan menjadi masalah.

6. Cari konselor pernikahan islami

Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri, akan sangat membantu jika Anda membawa terapis untuk melakukannya. Anda dapat menemukan banyak konselor pernikahan secara daring dan langsung. Namun, akan lebih baik jika konselor itu berlatar belakang psikologi Islam, bukan hanya psikologi sekuler.

Untuk membangun kembali kepercayaan, diperlukan komunikasi yang jujur ​​dan konsisten. Mungkin jika kalian berdua berkomunikasi dengan jujur ​​pada awalnya, perselingkuhan tidak akan pernah terjadi.

Kesimpulan

Kenyataannya, dunia maya telah membuat banyak godaan yang mudah diakses. Jika Anda mencurigai adanya perselingkuhan atau ada yang salah dengan pasangan Anda, komunikasikan dengan mereka dan beri tahu perasaan Anda. Meskipun setelah perselingkuhan bisa diperbaiki, tapi untuk beberapa orang bisa saja perselingkuhan akan berakhir dengan kandasnya pernikahan.[REP]

Tags: #Cara Memulihkan Kepercayaan Kembali Usai Perselingkuhan