Bolehkah Hafalan Quran Dijadikan Mahar Pernikahan ?

250 views

Hafalan Quran dijadikan sebagai mahar pernikahan apakah diperbolehkan dan memenuhi syarat pernikahan? Sebagaimana pada umumnya, mahar merupakan bagian dari syarat pernikahan biasanya berupa perhiasan emas, uang atau bentuk benda lainya. Namun bagaimana dengan hafalan Alquran?

Ketua Umum Wadah Silaturahmi Khotib Indonesia (Wasathi) Ustadz Fauzan Amin mengatakan, mahar tidak hanya melulu perhiasan atau benda-benda lainnya. Hafalan ayat suci Alquran juga bisa dijadikan mahar.

“Bisa juga dalam bentuk lainnya, seperti membaca surah Alquran, dan lainnya,” katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Sebagaimana dalam riwayat hadist, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

“Apakah kamu benar-benar menghafalnya? Ia menjawab: Ya. Akhirnya Rasulullah bersabda: Kalau begitu, pergilah. Sesungguhnya kau telah kunikahkan dengannya dengan mahar apa yang telah kamu hafal dari Alquran.” (HR Imam Bukhari).

Lebih lanjut, pemberian mahar kepada calon istri bukan hanya sebagai syarat saja, namun juga sekaligus menjadi tanda memuliakan dan menghargai pernikahan itu sendiri.

Difinisi mahar sendiri menurut Ilmu Fikih, yaitu:

الصداق هو المال الذي وجب على الزوج دفعه لزوجته بسبب عقد النكاح.

Artinya: “Maskawin ialah harta yang wajib diserahkan oleh suami kepada istri dengan sebab akad nikah.”

“Pemberian seorang mahar atau mas kawin suami kepada istri sebagai tanda bahwa perempuan juga patut untuk dimuliakan dan dihargai, terlebih jika dirinya telah ridha,” pungkasnya.[mokzn]

Tags: #Bolehkah Hafalan Quran Dijadikan Mahar Pernikahan ?