Bisakah Terlalu Sering Berc1nta Membuat 0rgan Kewanitaan Jadi L0nggar?

 

Banyak mitos mengenai kesehatan s3ksval yang beredar di masyarakat. Hal ini biasanya beredar sebagai sekadar candaan atau bahkan sebagai hal yang dipercaya.

Salah satu hal yang selama ini menjadi mitos adalah tentang l0nggarnya 0rgan kewanitaan atau v4g1na. Hal ini dipercaya bisa terjadi akibat seorang wanita terlalu sering berc1nta. Benarkah hal ini ?

“Kecuali ketika kamu terlibat dalam praktik (s3ksval) yang di luar kebiasaan, hal ini tidak akan terjadi,” terang Alyssa Dweck, MD, ob-gyn dari Westchester, New York dilansir dari Health.

“V4g1na merupakan wilayah yang sangat ‘pemaaf’, sangat kaya saraf dan suplai darah sehingga penetrasi tradisional tidak akan menyebabkan pel0nggaran yang permanen walau mel0nggarnya bagian ini pada saat itu bisa terjadi,” sambungnya.

Ketika kamu terangsang, secara alami v4g1na akan terlubrikasi serta dapat membesar dan melebar agar muat dimasuki p3n1s. Namun bagian ini akan kembali ketika kondisi t3r4ngs4ng dan masa berc1nta telah selesai.

“Keterbukaan bisa terjadi, namun kamu tak akan berjalan dengan v4g1na yang terbuka hanya karena kamu baru saja berc1nta,” terang dr. Dweck.

Walau begitu, dr. Dweck menyebut ada pengecualian mengenai hal ini. Usai berc1nta pertama kali, keterbukaan v4g1na lebih mungkin terjadi karena sebelumnya tertutup hymen, membran tipis jaringan yang menutupi v4g1na jadi lebih terbuka.

Hal ini namun tidak selalu terjadi terutama karena hymen bisa saja sudah sobek sebelumnya akibat olahraga atau penggunaan tampon. Bahkan tanpa hymen, lubang v4g1na tidak menjadi lebih besar.

Bisakah Melahirkan Membuat V4g1na Menjadi L0nggar?

Jika memang s3ks tidak bisa membuat v4g1na menjadi longgar, apakah hal lain yang bisa menyebabkannya? Jawabannya adalah melahirkan bayi secara normal.

Melahirkan bisa secara permanen menarik lubang v4g1na dan kemudian membukanya. Terutama ketika digunakan alat-alat tertentu untuk membantu kelahiran.

“Bayi hingga 10 pon bisa melewati v4g1na, dan walau hal tidak dapat kembali seperti normal 100 persen setelahnya, namun akan tetap kembali hampir seperti normal,” terang dr. Dweck.

Dr. Sherry A. Ross, MD, ob-gyn di Providence Saint John’s Health Center, Southern California mengatakan bahwa perubahan v4g1na akibat melahirkan atau berc1nta tak akan bertahan untuk selamanya. Ketika wanita memasuki usia menopause, lvbang k3wan1taan bisa mengecil dan merapat terutama jika tidak berc1nta secara rutin.

Perbedaan ukuran lvbang v4g1na sendiri tidak dapat dibedakan pada wanita yang masih perawan atau yang sudah melahirkan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak akan banyak perubahan yang terjadi pada v4g1na.[merdeka]

Tags: #Bisakah Terlalu Sering Berc1nta Membuat 0rgan Kewanitaan Jadi L0nggar?