Bersahabat Dekat, Imam Besar al-Azhar Doakan Kesehatan Paus Fransiskus Usai Operasi

Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus dibawa ke rumah sakit sejak Minggu (4/7/2021) dan menjalani operasi usus di poliklinik Gemelli di Roma. Menurut Vatikan, operasi telah berjalan dan keadaan paus telah membaik.

Ini adalah pertama kalinya paus berusia 84 tahun itu dirawat di rumah sakit sejak terpilih memimpin takhta suci Vatikan pada 2013.

“Paus merespons dengan baik,” kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Operasi dilakukan di bawah anestesi umum dan telah dijadwalkan. Menurut Vatikan, operasi terhadap Paus Fransiskus tidak didorong oleh keadaan darurat.

Bruni tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi atau berapa lama itu berlangsung dan tidak mengatakan berapa lama paus akan tinggal di Rumah Sakit Gemelli Roma.

Sementara itu Imam Besar al-Azhar, Ahmed el-Tayeb mendoakan kesembuhan Paus Fransiskus. Lewat akun Twitter miliknya hal itu langsung disampaikan.

“Saya berharap saudara saya @Pontifex segera pulih untuk melanjutkan dedikasinya kepada kemanusiaan,” tulis Ahmed el-Tayeb, dikutip di Aleteia, Kamis (7/7/2021).

Saat ini Kantor pers Holy See mengumumkan kini kondisi Paus Fransiskus telah membaik dan mampu memberikan reaksi yang positif.

Imam Besar al-Azhar (Mesir) dan Paus Fransiskus telah menjalin hubungan dekat dalam beberapa tahun terakhir. Hubungan ini terjalin lebih akrab setelah menandatangani Deklarasi Abu Dhabi pada 2019.

Deklarasi tersebut menyerukan rekonsiliasi dan persaudaraan. Pemimpin Suni itu adalah bagian dari inspirasi Paus Fransiskus untuk ensiklik Fratelli tutti 2020.

Para pemimpin dunia lainnya juga mengirimkan ucapan selamat kepada Paus. Termasuk di antaranya adalah Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Saat bepergian di Prancis, ia berbicara kepada paus tentang pikiran penuh kasih sayang dari semua orang Italia, serta harapan yang paling tinggi untuk pemulihan yang baik dan cepat.

Wali Kota Roma, Virginia Raggi, juga mengirimkan pesan cinta yang mewakili seluruh Kota Roma melalui akun Twitter-nya. “Semoga cepat sembuh,” tulisnya.[mokzn]

Tags: #Bersahabat Dekat #Imam Besar al-Azhar Doakan Kesehatan Paus Fransiskus Usai Operasi