Benarkah Malaikat Maut Bernama Izrail? Baca Biar Paham!

249 views

Izrail atau Azrail, Asriel, Azaril, dan Azrael, berasal dari bahasa Arab ( عزرائیل ) yaitu Malaikat pencabut nyawa. Namun Al Quran hanya menyebutkan Malaikat Maut, bukan Izrail. Benarkah Malaikat Maut bernama Izrail?

Sebutan Nama Izrail kepada Malaikat pencabut nyawa tidak pernah ada di Firmankan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Quran. Yang ada hanya sebutan Malaikat Maut.

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

“Katakanlah: “Malaikat Maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmu lah kamu dikembalikan”.” (Surat ke-32 As Sajadah, ayat 11).

Lalu dari mana nama Izrail yang terkenal sebagai Malaikat pencabut nyawa tersebut?

Ini Asal Mula Kata Izrail sebagai Nama Malaikat Maut

Ustadz Ammi Nur Baits, seorang penulis konsultasisyariah.com, tamatan S-1, Jurusan Fikih dan
Ushul Fikih, Madinah International University (Mediu) tahun 2011. Mengungkapkan bahwa dalam catatan kaki Aqidah Thahawiyah, Imam Al Albani menyatakan,

هذا هو اسمه في القرآن، وأما تسميته بـ “عزرائيل” كما هو الشائع بين الناس فلا أصل له، وإنما هو من الإسرائيليات

“Nama ini (Malaikat Maut) itulah nama yang ada dalam Al Quran. Sementara nama Izrail, yang terkenal di masyarakat, tidak ada dasarnya. Ini adalah nama yang bersumber dari berita israiliyat.”Ungkap Al Albani, dalam kitabnya Takhrij At Thahawiyah.

Israiliyyat adalah seluruh riwayat yang bersumber dari orang-orang Yahudi dan Nasrani serta selain dari keduanya yang masuk dalam tafsir maupun hadits.

Sebagian ulama tafsir dan hadits menyatakan Israiliyyat adalah sebagai cerita yang bersumber dari musuh-musuh Islam, baik Yahudi, Nasrani, ataupun yang lainnya.

Maka Imam Ibnu Utsaimin juga menegaskan bahwa para ulama hanya mengenal Malaikat Maut sebagai malaikat pencabut nyawa, bukan Izrail.

وأما ملك الموت فأنه لا يصح تسميته بعزرائيل، وإنما يقال فيه مللك الموت كما قال الله عز وجل “قُلْ يَتَوَفَّاكُم مَّلَكُ المَوْتِ الَّذِي وَكِّلَ بِكُمْ” ولم يصح عن النبي صلى الله عليه وسلم أن اسمه عزرائيل

“Tentang Malaikat kematian, tidak ada dalil yang shahih mengenai nama Izrail. Nama yang benar adalah Malaikat Maut. Sebagaimana yang difirmankan Allah (yang artinya),

Katakanlah: “Malaikat Maut yang diserahi untuk mencabut nyawa kalian,..”.

Dan tidak terdapat riwayat yang shahih dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam bahwa nama malaikat ini adalah Izrail.” Ungkap Ibnu Utsaimin, dalam kitabnya Liqa, Bab Al Maftuh, volume ke-16.

Malaikat Maut Itu Banyak, Tidak Hanya Satu Malaikat

Berdasarkan Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang menerangkan tentang Malaikat Maut pencabut nyawa itu ternyata tidak hanya satu. Karena bentuk redaksi ayat tersebut jamak (lebih dari satu).

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ

“Dan Dia lah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga.

Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang dari kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.” (Surat ke-6 Al An’am, ayat 61).

Wallahu a’lam,[suarapakar]

Tags: #Benarkah Malaikat Maut Bernama Izrail? Baca Biar Paham!