Anak Muda Lebih Suka Sholat Pake Sarung Atau Celana Panjang ?, Ini Faktanya

Sholat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Saat sholat diharuskan menutupi semua aurat, baik laki-laki maupun perempuan punya batasan aurat berbeda.

Supaya terlihat lebih rapi, biasanya laki-laki mengenakan sarung sebagai pakaian sholatnya, sekaligus menutup aurat mulai dari pusar hingga lutut kakinya. Akan tetapi sebagian memilih memakai celana panjang dibandingkan sarung.

Lantas, apakah laki-laki lebih nyaman sholat memakai sarung atau sandal? Keduanya memang sah dipakai untuk sholat.

Setelah dilakukan survei, ternyata sebagian ada yang memilih memakai sarung dan mengenakan celana panjang. Alasannya pun berbeda-beda, termasuk dari segi kenyamanan.

Namun, ada juga yang menyesuaikan dengan keadaan. Apabila sedang perjalanan, supaya lebih praktis, maka menggunakan celana panjang yang yakin keadaannya bersih dan suci.

“Tapi kalau di rumah ya pakai sarung karena enggak ke mana-mana. Ke masjid juga pakai sarung, lengkap sama koko dan pecinya, biar rapi,” kata Mubarok, salah satu santri asal Sukabumi, kepada MNC Portal, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, dikutip dari Wikipedia, asal mula sarung sudah ada sejak zaman dulu, tepatnya saat masa penjajahan Belanda.

Pada zaman penjajahan Belanda, sarung identik dengan perjuangan melawan budaya barat yang dibawa para penjajah. Kalangan santri merupakan masyarakat yang paling konsisten menggunakan sarung, sedangkan kaum nasionalis abangan hampir meninggalkan sarung.

Sikap konsisten penggunaan sarung juga dijalankan oleh salah seorang pejuang yaitu KH Abdul Wahab Hasbullah, seorang tokoh penting di Nahdlatul Ulama (NU).[mokzn]

Tags: #Anak Muda Lebih Suka Sholat Pake Sarung Atau Celana Panjang ? #Ini Faktanya