9 Masjid Termegah Dengan Arsitektur Paling Indah Di Dunia

351 views

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat Islam. Karena umat Islam tersebar di seluruh permukaan bumi ini, maka sangatlah wajar jika ditemukan masjid di setiap negara di dunia. Selain fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah sholat, masjid juga memiliki banyak fungsi diantaranya tempat penyebaran ilmu agama, tempat akad nikah, tempat pengajian dan masih banyak yang lainnya. Semakin lama, pemeluk agama Islam semakin banyak sehingga semakin bervariasilah bangunan – bangunan masjid yang ada saat ini. Bentuk bangunan, luas masjid dan desain di dalamnya selalu diperbarui dari masa ke masa. Namun hal tersebut tidak menghilangkan kesakralan dan kesucian tempat ibadah ini. Yang menarik dari masjid adalah desain, ornamen dan arsitektur yang berbeda – beda dari satu negara dengan negara yang lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh unsur – unsur budaya masing – masing negara. Berikut adalah daftar masjid termegah dengan arsitektur paling indah di dunia yang dapat dikunjungi saat melakukan wisata religi.

 

1. Masjid al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjid al-Haram atau yang lebih dikenal sebagai Masjidil Haram ini memiliki luas sekitar 356.000 m2 dan dapat menampung jamaah sebanyak kurang lebih 900.000. Masjid ini tidak pernah sepi oleh kunjungan umat Islam dari berbagai negara untuk melakukan ibadah. Masjid yang berlokasi di kota termegah di dunia ini, selain ramai saat musim ibadah haji dan umroh, tapi juga ramai pada hari – hari biasa. Karena adanya Ka’bah yang berbentuk kubus dengan ukuran 13mx11mx12m inilah menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Masjid terbesar di dunia ini sangatlah megah jika dilihat dari bangunan, desain dan sentuhan – sentuhan arsitek di dalamnya. Masjidil Haram memiliki total 129 pintu yang tersebar di sekeliling masjid yang memudahkan akses dari segala arah. Pada beberapa pintu utama terdapat menara – menara yang indah dan menawan.

 

2. Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawai terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini didirikan oleh Rasulullah dan di dalamnya terdapat makam beliau. Masjid ini adalah masjid kedua setelah Masjidil Haram yang sering dikunjungi oleh umat muslim dari berbagai belahan dunia. Ornamen dan arsitektur di dalam masjid ini mulai dikerjakan pada tahun pertama Hijriyah dan setelahnya selalu dilakukan renovasi dan perluasan. Luas masjid sekarang mencapai 100 m2 yang dapat menampung sekitar 500.000 jamaah yang datang. Arsitektur yang identik dengan masjid ini adalah terdapat 250 pilar payung raksasa di luar masjid yang menambah keindahan dan kemegahan masjid ini. Payung raksasa tersebut didesain sedemikian rupa dengan gaya ornamen khas Timur Tengah yang membuat jamaah yang datang berdecak kagum dengan keindahannya. Karena banyaknya wisatawan maupun umat muslim yang beribadah datang ke masjid ini, maka masjid ini telah beberapa kali melakukan penambahan area. Di sekeliling Masjid Nabawi terdapat tempat pemakaman ratusan sahabat Nabi yang bernama pemakaman Jannatul Baqi.

 

3. Masjid Imam Reza, Mashhad, Iran

Masjid Imam Reza merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dengan luas area sebesar 598.657 m2 yang terdiri bangunan masjid itu sendiri, tujuh halaman masjid, perpustakaan, makam, museum dan Universitas Islam Razavi. Jamaah total yang dapat ditampung masjid sekitar 700.000 orang. Masjid ini memiliki kubah emas yang menawan dan menara keramik yang memperbesar kemegahannya. Masjid Imam Reza merupakan saksi bisu dan wujud dari peradaban arsitektur Islami Iran. Karena sangat megah dan mewahnya, masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh umat Islam yang ingin beribadah, tapi juga umat agama lain yang datang sebagai wisatawan yang ingin mengagumi kekompleksan desain masjid ini. Bahkan para wisatawan memberikan sebutan The Glory of the World Islamic Architecture untuk Masjid Imam Reza yang terletak di Iran ini. UNESCO juga telah menetapkan masjid ini sebagai Situs Warisan Dunia. Masjid ini adalah masjid terbesar di dunia ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

 

4. Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Indonesia

Indonesia, negara kita, yang merupakan negara dengan pemeluk agama Islam terbesar juga memiliki masjid yang tidak kalah megahnya dengan negara – negara lain yaitu Masjid Istiqlal Jakarta Pusat. Masjid ini terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar di dunia urutan keempat. Masjid ini dibangun pada tahun 1978 dan merupakan masjid nasional di Indonesia dengan luas 9,3 hektar. Dengan desain yang indah dan luas yang fantastis, masjid ini membutuhkan waktu 17 tahun untuk proses pembangunan. Karena Masjid Istiqlal dibangun salah satunya untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, maka ada beberapa bagian masjid yang mengingatkan kita akan hal tersebut seperti pilar kubah utama masjid berdiameter sebesar 45 meter yang sama dengan angka tahun kemerdekaan kita. Kawasan masjid yang luas tersebut tidak hanya digunakan untuk bangunan masjid, namun juga ada taman, tempat parkir dan air mancur. Bangunan masjid didesain dengan memunculkan beberapa bagian dengan fungsinya masing – masing. Gedung utama mampu menampung sekitar 77.000 jamaah dengan lantai bertingkat 5. Gedung pendahuluan adalah gedung yang berfungsi menghubungkan lantai atas dengan kapasitas jamaah 8.000. Teras raksasa yang memiliki luas 19.000 meter difungsikan sebagai kegiatan masjid lain yang biasanya melibatkan anak kecil. Menara masjid sendiri memiliki tinggi 6.666 cm yang berfungsi untuk tempat pengeras suara.

 

5. Masjid Hassan II – Casablanca, Maroko

Masjid Hassan II adalah masjid yang terletak di negara Maroko tepatnya di kota Casablanca. Masjid terbesar di dunia ke lima ini sangatlah unik karena lokasi pembangunannya persis di sebelah Tanjung yang menghadap ke Lautan Atlantik. Oleh karenanya, dari kejauhan masjid megah ini seperti terapung diatas air laut yang luas. Masjid ini diberi nama Masjid Hassan II karena dibangunnya masjid ini bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun mendiang Raja Hassan II, Raja Maroko. Kemegahan dan kemewahan masjid dapat dilihat dari lantai kaca tebal yang sangat besar yang berada di dalam masjid. Kondisi lantai yang terbuat dari kaca membuat jamaah dapat melihat langsung air laut atlantik saat bersujud. Michel Pinseau, arsitek dari Perancis adalah otak dibalik desain dan ornamen masjid yang dibangun tahun 1993 ini. Meski arsiteknya adalah orang Perancis, ornamen – ornamen dalam masjid dibuat oleh seniman Maroko yang mencapai 6.000 orang. Karena masjid ini dibangun ada zaman yang tergolong modern, maka sistem seperti pencahayaan, suhu lantai dan pintu elektrik menggunakan bantuan teknologi.

 

6. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal adalah masjid nasional negara Pakistan. Jika kubah masjid pada umumnya berbentuk bulat, lain hal nya dengan masjid terbesar di dunia urutan ke enam ini. Kubahnya berbentuk simetris menyerupai tenda yang dikelilingi oleh empat menara setinggi 79 meter. Karena desain yang berbeda ini, Masjid Faisal disebut sebagai masjid yang menyajikan arsitektur islami bergaya kontemporer. Masjid ini terletak di bukit Margalla yang merupakan kaki gunung Himalaya. Selain desain masjid sendiri yang sangat menarik dan megah, pemandangan yang disajikan di sekitar masjid sungguh menambah daya tarik bangunan ini. Masjid dengan luas 5000 m2 ini mampu menampung kurang lebih 300.000 jamaah yang datang untuk beribadah.

 

7. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Selain Masjid Faisal, masjid terbesar di dunia lainnya yang juga terletak di Pakistan adalah Masjid Badshahi. Masjid ini dibangun pada tahun 1973 dan menjadi tempat wisata yang terkenal dalam hal arsitektur peradaban islaminya. Masjid Badshas mengusung tema arsitektur Mughal yang identik dengan kesimetrisannya dan dikelilingi oleh empat menara yang sama persis. Gaya Mughal juga terdapat pada halaman masjid yang berbentuk persegi luas yang simetris serta gang – gang di samping masjid yang dibangun identik satu sama lain. Museum juga disediakan di masjid ini untuk memberikan edukasi kepada wisatawan tentang sejarah Islam. Masjid besar ini mampu menampung sekitar 55.000 jamaah.

 

8. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, UEA

Masjid ini tergolong masjid yang baru dibangun karena baru dibuka pada tahun 2007. Keindahan Masjid Agung Sheikh Zayed menarik banyak wisatawan untuk datang dan menikmati kemegahannya. Nama Sheikh Zayed sendiri diambil dari nama presiden pertama United Emirat Arab. Desain interior dan eksteriornya di pengaruhi oleh gaya Moor, Mughal dan Persia. Arsitek yang menggarap masjid yang membutuhkan waktu 12 tahun ini adalah Yousef Adelky, arsitek asal Suriah. Keindahan masjid ini tercermin dari warna putih keperakan yang berkilauan saat diterpa sinar matahari. Kubah masjid ini memiliki diameter sekitar 32,8 meter yang merupakan kubah terbesar di dunia dan disanggah oleh 1000 pilar. Bahan yang digunakan untuk kubah adalah batu pualam putih. Masjid dengan luas 22.412 m2 ini mampu menampung sekitar 40.000 jamaah yang datang. Beberapa fakta menarik dari masjid terbesar di dunia ini adalah bahwa karpet yang digunakan di dalam masjid adalah karpet yang ditenun langsung oleh tangan, sehingga berhasil masuk ke Guinness World Records. Selain itu, banyak diberitakan oleh media bahwa selebriti dunia banyak yang datang berkunjung kesini, seperti Rihanna, Selena Gomez, Gigi Hadid, Kendall Jenner, Shanina Shaik, Halima Aden dan Chanel Iman.

 

9. Masjid Jama, Delhi, India

Di kawasan Asia Selatan memang banyak dijumpai masjid – masjid terbesar di dunia. Salah satunya adalah Masjid Jama yang terletak di kota Delhi, India. Sama halnya dengan masjid terbesar di dunia lainnya, masjid ini juga membutuhkan waktu belasan tahun untuk akhirnya jadi dan dapat digunakan oleh umat Islam untuk beribadah. Masjid Jama berukuran panjang 80 meter dan lebar 27 meter yang memiliki kapasitas 25.000 jamaah. Ada 3 pintu gerbang yang menjadi akses keluar masuk masjid yang masing – masing pintu memiliki satu menara. Masjid menghadap ke barat dan memiliki teras luas di sebelah utara, selatan dan timur. Masjid ini memiliki 3 kubah yang dilapisi marmer putih bergaris hitam dan emas pada ujung kubah. Badan masjid didominasi oleh warna putih dari bahan marmer dan batu pasir. Tiang masjid berjumlah 260 yang saling bersambung satu sama lain dan berbentuk melengkung. Lantai masjid juga berbahan marmer, namun warna di kombinasikan antara hitam dan putih untuk memandai batas barisan sholat. Keindahan kebudayaan India dapat dilihat dari warna – warna mencolok yang menghiasi lantai yang tampak seperti sajadah. Masjid ini adalah ikon dari bangunan bersejarah abad pertengahan. Masjid Jama terletak di Jalan Chadni Chowk yang merada 3 km dari pusat kota New Delhi.

 

sumber : blog.dwidayatour.co.id

Tags: #9 Masjid Termegah Dengan Arsitektur Paling Indah Di Dunia