7 Manfaat Tak Terduga di Balik Sunah Rasul Memelihara Jenggot

302 views

Banyak orang menganggap memelihara jenggot identik dengan adab Islam. Oleh karena itu banyak pria muslim memelihara jenggot. Rasulullah SAW selama hidupnya terus memelihara jenggot. Selain itu ada hadits yang bersumber dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

أحفوا الشوارب وأعفوا اللحى

Artinya, “Potonglah kumismu dan biarkan jenggotmu panjang,” (HR Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan:

خالفوا المشركين أحفوا الشوارب وأوفوا اللحى

Artinya, “Berbedalah dengan orang musyrik, potong kumismu dan biarkan jenggotmu panjang.” (HR Muslim).

Seperti dilansir NU Online, hadits pertama mengindikasikan kewajiban memotong kumis dan memanjangkan jenggot. Sementara hadis kedua juga menyiratkan hal yang sama, namun di sana terdapat ‘illat atau alasan mengapa memanjangkan jenggot termasuk kesunahan.

Rupanya ada alasan mengapa memelihara jenggot merupakan sunah buat pria muslim. Ternyata banyak manfaat dalam memelihara jenggot antara lain:

1. Menjaga kelembapan kulit

Folikel rambut yang sering kita sebut sebagai bulu janggut menghasilkan minyak yang dapat mencegah kerusakan pada kulit seperti contohnya kulit terkelupas. Menumbuhkan janggut juga memiliki efek ganda yakni menjaga kulit Anda tetap terlihat sehat, terlepas dari cuaca suhu udara di lingkungan.

2. Menghindari infeksi bakteri

Pori-pori Anda mendapatkan proteksi alami dari adanya bulu di daerah dagu yang jika dicukur lama kelamaan akan meninggalkan berbagai macam bakteri di sekitarnya. Dengan menumbuhkan janggut, Anda akan memiliki lapisan antibakteri yang membantu mencegah penyakit dan inflamasi pada kulit.

3. Menghalau debu dan polutan

Bulu-bulu janggut rupanya mampu menghalau debu, polutan, dan jamur. Mereka mencegah kotoran masuk ke dalam mulut dan lubang hidung Anda.

4. Mencegah penuaan dini

Seperti dilansir Solopos, penelitian di Yale University menyebut memelihara janggut juga dapat membuat kulit menjadi lebih hangat di musim dingin. Eratnya hubungan antara suhu udara rendah dengan kondisi kulit yang cepat mengerut dan menyebabkan penuaan dini, maka memelihara janggut adalah salah satu solusi menghindarinya.

5. Menghindari dampak buruk paparan sinar matahari

Tebalnya rambut janggut menurut penelitian sama berkhasiatnya dengan mengaplikasikan sunscreen pada kulit. Memiliki janggut dapat menghindarkan Anda dari timbulnya garis atau bintik pada kulit akibat sinar matahari yang lama-kelamaan bisa menyebabkan kanker kulit.

6. Mencegah jerawat

Memelihara janggut ternyata dapat membantu mencegah jerawat pada pria. Meski tidak dapat terlihat langsung, namun besar kemungkinan kulit Anda akan semakin halus jika dilindungi oleh bulu janggut. Berbeda dengan pria yang rajin mencukur daerah dagunya, kemungkinan akan meninggalkan bakteri dan kotoran.

7. Mengurangi penyakit pada gusi

Menumbuhkan janggut bisa mengurangi penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam mulut. Menumbuhkan janggut dapat menambah lapisan perlindungan terhadap gusi yang tidak dimiliki orang yang tidak menumbuhkan janggut.[mokzn]

Tags: #jenggot #manfaat jenggot #manfaatjenggot #sunah rasul #sunahrasul