6 Amalan Mudah Menolong Orang Tua yang Meninggal Menurut Ustadz Abdul Somad, Lakukan Sebelum Terlambat

Sebagai anak pasti akan berharap orang tua yang telah meninggal bisa masuk surga. Ada enam amalan mudah yang bisa dikerjakan oleh anak agar orang tuanya bisa masuk surga menurut Ustadz Abdul Somad.

Untuk itu, penjelasan Ustadz Abdul Somad berikut ini bisa menjadi bahan referensi bagi anak yang orang tuanya telah meninggal.

Dilansir PORTAL JEMBER dari unggahan video di kanal YouTube TAMAN SURGA. NET pada Minggu, 4 November 2018, beliau menjelaskan mengenai hal tersebut.

Ada enam amalan yang akan membantu orang tua masuk surga menurut Ustadz Abdul Somad. Berikut enam amalan tersebut:

1. Doa

Berdoa merupakan cara termudah untuk membantu orang tua agar bisa dimasukkan surga oleh Allah SWT. Menurut dai asal Pekanbaru, Riau itu ada dua doa khusus yang bisa dibacakan oleh anak untuk orang tua yang telah meninggal. “Apa doanya, Rabbighfirli Waliwalidaiya Warham huma kama robbayani soghiro (dan) Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu’anhaa,” katanya.

Namun apabila tidak bisa Bahasa Arab bisa berdoa dengan Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang dimengerti.

2. Baca Al Quran

Membaca Al Quran ternyata bisa diniatkan untuk menolong orang tua yang telah meninggal. Menurut Ustadz Abdul Somad, surat yang bisa dipilih ialah Yasin karena dianggap sebagai hatinya Quran. Namun, apabila kesulitan bisa membaca Al Fatihah.

3. Sedekah

Amalan yang ketiga ialah bersedekah dan diniatkan untuk menambah pahala orang tua yang meninggal. Hal itu merujuk pada sebiah hadist Nabi yang menganjurkan berdekah bagi yang ditinggal wafat orang tuanya.

4. Kurban

Amalan keempat ialah berkurban. Ternyata kurban bisa diniatkan untuk orang yang telah meninggal. Sehingga, apabila berkurban, nama orang yang telah meninggal bisa diselipkan dalam daftarnya. “Nanti saat Hari Raya Qurban, sembelih satu ekor kambing untuk emak,” katanya menjelaskan.

Baca Juga :   Apakah Orang Tua Yang Pikun Masih Wajib Sholat ?

5. Haji

Amalan kelima ialah berhaji. Pada dasarnya setiap orang Islam sangat ingin menunaikan haji. Untuk itu, bila ada kesempatan berhaji, pria yang akrab disapa UAS itu menganjurkan untuk menghajikan orang tuanya yang telah meninggal melalui niat. “Kalau dulu dia (orang tua) belum haji, ba’dal hajikan,” katamya kepada para jamaah yang hadir.

6. Puasa

Bagi anak yang mengetahui bahwa orang tuanya pernah punya hutang puasa dan belum dilunasi, maka harus dibayar. Ahli waris atau anaklah yang boleh membayar hutang puasa orang tua yang telah meninggal tersebut. “Siapa yang mati punya hutang puasa, maka ahli warisnya melaksanalan (membayar hutang) puasa untuknya,” pungkasnya.

Itulah enam amalan mudah untuk anak yang ingin menolong orang tuanya masuk surga menurut Ustadz Abdul Somad.

 

sumber: https://portaljember.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-162345136/6-amalan-mudah-menolong-orang-tua-yang-meninggal-menurut-ustadz-abdul-somad-lakukan-sebelum-terlambat

Tags: #abdul somad #amalan #orang tua #uas #ustadz abdul somad