5 Fakta Menarik Film NUSSA Mencuri Perhatian Publik

395 views

Film NUSSA yang berhasil mendapat predikat Animasi Panjang Terbaik Festival Film Indonesia ini memiliki banyak kelebihan sehingga penayangannya di platform daring sangat dinanti masyarakat. Cukup dengan 50rb, teman-teman sudah dapat menikmati film NUSSA selama 48 jam dengan keluarga.

Film ini kini sudah dapat disaksikan keluarga di rumah melalui platform Bioskop Online mulai 25 Desember 2021.

Bukan hanya dari keseruan kisahnya saja, masyarakat juga melihat banyak fakta unik dan pembelajaran yang didapat dari film yang diproduksi dari hasil kolaborasi Visinema Pictures dengan studio animasi The Little Giantz (TLG) ini.

Berikut 5 fakta menarik yang akan membuat kamu dan keluarga tergugah untuk menonton film ini seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (27/12/2021).

1. Kaya Nilai Edukasi dan Parenting

Meski film NUSSA berangkat dari serial animasi anak, tetapi penikmat film yang sudah berusia dewasa pun juga tidak boleh ketinggalan menonton film yang satu ini.

Kenapa? Karena melalui film ini, para penonton dewasa dapat menggali berbagai persoalan sehari-hari yang ternyata memiliki arti penting bagi kehidupan sosial dan berkeluarga.

Para orang tua dapat memetik banyak informasi edukatif penting di dunia parenting.

Mulai dari cara mendorong anak agar dapat mengembangkan bakat secara maksimal, hingga mencari jalan keluar saat permasalahan keluarga yang pelik datang tanpa permisi.

Walau demikian, para kreator tidak ingin menjadikan film NUSSA ini terkesan menggurui.

Oleh karena itu, pesan moral dan nilai-nilai parenting ini tidak serta merta ditampilkan secara gamblang dan jelas. Penontonlah yang akan memilih sendiri pesan moral mana yang akan dipetik usai menyaksikan film NUSSA.

2. Menampilkan Tokoh Disabilitas

Film animasi Nussa mendapatkan pujian dari banyak pihak karena terbilang inklusif dan menceritakan tentang pertemanan anak disabilitas dan non disabilitas.

Baca Juga :   Nantikan Serial Animasi Hafiz dan Hafizah, Akan Tayang di 17 Negara

Tokoh utama Nussa digambarkan sebagai anak laki-laki yang salah satu kakinya harus diamputasi. Untuk beraktivitas sehari-hari, ia pun menggunakan kaki palsu.

Bagi Nussa kondisi ini bukanlah sebuah keterbatasan, akan tetapi cara Tuhan untuk selalu mengingatkan Nussa untuk selalu bersyukur, dan optimis bahwa setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk dapat meraih mimpi yang tinggi.

3. Animasi Berkualitas Tinggi

Melalui karya ini, The Little Giantz (TLG) dan Visinema Pictures hadir untuk menjawab tantangan dan permintaan produk animasi yang berkualitas tinggi dari dunia Internasional.

Salah satunya adalah mengembangkan teknologi baru yang berbeda dari serial NUSSA.

Yaitu menggunakan teknologi hair-system, di mana setiap helai rambut karakter film NUSSA dibuat satu persatu sehingga menghasilkan visual yang leih detail. Sebagai contoh, untuk karakter Abdul saja, dibutuhkan sekitar 200 ribu helai rambut demi mendapatkan visual yang terbaik.

Melewati berbagai tantangan dalam proses pembuatannya, pada akhirnya film NUSSA menjadi film animasi 3D yang mendapat sambutan baik dari publik. Bahkan banyak yang berharap, film NUSSA ini kedepannya bisa sesukses animasi buatan Pixar (studio animasi terbesar di Amerika Serikat yang berpusat di California).

4. Didukung Selebriti Papan Atas

Kehadiran film NUSSA di tengah cobaan yang dihadapi industri film nasional saat ini rupanya mendapat dukungan penuh dari selebriti papan atas Indonesia. Belasan selebriti ini bersedia menyumbangkan suaranya untuk menghidupkan setiap karakter yang ada di film tersebut.

Mulai dari artis Fenita Arie didapuk menjadi pengisi suara ibu Nussa yang penyayang, baik hati dan juga perhatian, hingga penyanyi kondang Raisa Andriana juga ikut mewarnai film Nussa dengan mengisi suara tokoh Ibu Anggi yang merupakan wali kelas Nussa di sekolah.

Baca Juga :   Nantikan Serial Animasi Hafiz dan Hafizah, Akan Tayang di 17 Negara

Mereka pun mengaku bahwa, sangat senang dan bangga bisa bergabung dalam proyek film animasi buatan anak negeri.

5. Meraih Berbagai Penghargaan

Sebagai salah satu animasi terbaik karya anak bangsa, film NUSSA berhasil meraih piala citra untuk kategori Film Animasi Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia atau FFI 2021.

Pada 15 November lalu Ifa Fachir dan Simhala Avadana, pencipta official soundtrack film Nussa yang berjudul Kejutanku juga sukses mengantongi penghargaan di AMI Awards sebagai Pencipta Lagu Anak-Anak Terbaik.

NUSSA juga mendapatkan kesempatan emas untuk melakukan world premiere di Korea Selatan, tepatnya di festival Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) pada Juli 2021.

Sebagai perwakilan Indonesia, film Nussa yang disutradarai oleh Bony Wirasmono masuk pada kategori film keluarga.

Tentu, prestasi yang berhasil didapat NUSSA ini pun memberikan angin segar bagi industri perfilman serta animasi di Indonesia agar bisa terus bangkit dan berkembang. Sehingga, kedepannya para kreator bisa terus produktif dalam menciptakan karya film animasi yang berkualitas dari segi gambar maupun cerita.

 

sumber: https://bit.ly/32osqy9

Tags: #animasi #fakta film nussa #film animasi #Film Nussa #nussa rara