5 Amalan yang Didapat Saat Lelah Karena Bekerja

190 views

Hidup merupakan sebuah perjuangan yang harus dilalui oleh setiap manusia. Entah itu mengejar cita-cita, mencari ilmu hingga bekerja untuk mencari nafkah.

Bagi beberapa orang, bekerja akan menimbulkan lelah berkepanjangan. Tapi bagi umat Muslim yang beriman, penting untuk mengetahui amalan apa yang didapat setelah seharian lelah bekerja.

Dikutip dari Dalam Islam, berikut ini lima bukti ganjaran yang didapat bagi seseorang yang lelah karena bekerja.

1. Mendapat balasan sesuai yang diusahakan

Dalam bekerja, meski keadaan tubuh lelah, ada balasan sesuai yang diusahakan. Baik itu rezeki maupun pahala. Hal ini disebut lewat Surat An-Najm ayat 39-41:

Wa al laisa lil insaani illaa maa sa’aa, Summa yujzaahul jazaaa ‘al awfaa.

Artinya:
“Dan bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusaha­kan­nya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan di perlihatkan kepa­da­nya. Kemudian akan diberi bala­san kepadanya dengan balasan yang paling sempurna”.

2. Dalam perlindungan Allah SWT

Saat bekerja dari pagi hingga malam, sudah pasti tubuh merasakan lelah yang luar biasa. Akan tetapi, perjuangan mencari nafkah ini selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Hal ini disebut lewat Surat Al-Ankabut ayat 69:

Wallaziina jaahaduu fiinaa lanahdiyannahum subulana; wa innal laaha lama’al muhsiniin.

Artinya:
“Dan orang-orang yang berji­had untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”.

3. Sebagai amal saleh

Meski tubuh merasakan lelah yang luar biasa ketika bekerja, tapi jangan salah, perjuangan bekerja dinilai sebagai amal saleh. Amal shaleh ini disebut lewat Surat Fushilat ayat 33:

Wa man ahsanu qawlam mimman da’aaa ilal laahi wa ‘amila saalihanw wa qoola innanii minal muslimiin.

Artinya:
“Siapakah yang lebih baik perka­taannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, menger­jakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”

4. Jalan membahagiakan keluarga

Ketika tubuh lelah setelah bekerja, ingatlah bahwa ada keluarga yang harus dibahagiakan di rumah. Sebagaimana yang disebut lewat Surat Luqman ayat 14:

Wa wassainal bi waalidaihi hamalat hu ummuhuu wahnan ‘alaa wahninw wa fisaaluhuu fii ‘aamaini anishkur lii wa liwaalidaika ilaiyal masiir.

Artinya:
“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya Telah me­ngan­­dungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, Hanya kepada-Kulah kembalimu”.

5. Dosa-dosa diampuni sepanjang hari

Dengan bekerja, itu sama saja seperti ibadah dan berjihad di jalan Allah SWT. Maka dari itu, bekerja dapat menghilangkan atau diampuni dosa-dosanya sepanjang hari, sebagaimana yang disebut oleh hadits HR. Ahmad:

“Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah”.[suara]

Tags: #5 Amalan yang Didapat Saat Lelah Karena Bekerja