11 Gambaran Neraka dari Bentuk, Luas, Dalam, Hingga Suhu

52 views

Allah ﷻ telah memperingatkan kepada manusia akan ancaman siksa neraka yang pedih bagi hamba yang tidak taat. Ada banyak gambaran yang disebutkan tentang api neraka dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad.

Dilansir dari laman Alukah pada Rabu (4/8), Hal ini sepatutnya menjadikan orang yang bertakwa agar mempersiapkan diri lewat keimanan dan amal saleh, sehingga terhindar dari api neraka. Dan berikut 10 sifat dari api neraka sebagaimana digambarkan dalam Alquran dan sunnah:

1. Bentuk

Dari Uqbah bin Amar, dari Rasulullah ﷺ bersabda:

عُرِضَت عليَّ النار، فأقبل إليَّ منها شيءٌ حتى دنا بمكاني هذا، فخشيتُ أن تغشاكم، فقلتُ: رب! وأنا فيهم، فصَرَفَها عنكم، فأدْبَرَت قِطَعًا كأنَّها الزَّرَابيُّ

“Neraka ditampakkan kepadaku, lalu sesuatu menghampiriku hingga mendekat tempatku, aku takut dia akan menutupi kalian, lalu aku berkata, “Tuhan, aku ada bersam mereka, lalu Tuhan menggesernya. Dia menghilang tapi tampak seperti tikar yang luas.”

2. Luas

وعن أبي هريرة، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: الشمس والقمر ثوران مكوران في النار يوم القيامة

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Matahari dan bulan (ibarat) vulkanik yang digulung di nereka kelak pada hari kiamat.”

Luas matahari lebih besar dari bumi sekira 1,3 juta kali lipatnya. Dia akan dilempar bagi para penyembah keduanya.

اِنَّكُمْ وَمَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ حَصَبُ جَهَنَّمَۗ اَنْتُمْ لَهَا وَارِدُوْنَ

“Sungguh, kamu (orang kafir) dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah bahan bakar Jahanam. Kamu (pasti) masuk ke dalamnya.” (QS Al Anbiya 98).

3. Kedalaman

Dari Abu Hurairah RA dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda:

هذا حَجَر رمي به في النار منذ سبعين خريفًا، فلهو يهوي في النار الآن حين انتهى إلى قَعْرِها

“Itu adalah suara batu yang dilempar di dalam neraka sejak 70 tahun yang lalu, batu itu jatuh ke dalam neraka dan sekarang dia baru sampai di dasarnya.” (HR Bukhari).

4. Kepanasannya

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah ﷺ bersabda:

نَارُكُمْ جُزْءٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً قَالَ فُضِّلَتْ عَلَيْهِنَّ بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا

“Api kalian (di dunia ini) merupakan bagian dari tujuh puluh bagian api neraka jahanam”. Ditanyakan kepada Beliau: “Wahai Rasulullah, satu bagian itu saja sudah cukup (untuk menyiksa pelaku maksiat)?” Beliau bersabda, “Ditambahkan atasnya dengan enam puluh sembilan kali lipat yang sama panasnya.” (HR Bukhari).

5. Atap

اِنْطَلِقُوۡۤا اِلٰى ظِلٍّ ذِىۡ ثَلٰثِ شُعَبٍۙ . لَّا ظَلِيۡلٍ وَّلَا يُغۡنِىۡ مِنَ اللَّهَبِؕ

“Pergilah kamu mendapatkan naungan (asap api neraka) yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka.” (QS Al Mursalat 30-31)

وَّظِلٍّ مِّنۡ يَّحۡمُوۡمٍۙ لَّا بَارِدٍ وَّلَا كَرِيۡمٍ

“Dan naungan asap yang hitam, tidak sejuk dan tidak menyenangkan” (QS Al Waqiah ayat 43-44)

6. Angin atau hawa

فِىۡ سَمُوۡمٍ وَّحَمِيۡمٍۙ

“(Mereka) dalam siksaan angin yang sangat panas dan air yang mendidih.” (QS Al Waqiah 42).

7. Bahan bakar

فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

“Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah 24).

8. Kengeriannya

اِنَّهَا تَرۡمِىۡ بِشَرَرٍ كَالۡقَصۡرِ‌ۚ‏

“Sungguh, (neraka) itu menyemburkan bunga api (sebesar dan setinggi) istana.” (QS Al Mursalat 32).

9. Suaranya

اِذَا رَاَتۡهُمۡ مِّنۡ مَّكَانٍۢ بَعِيۡدٍ سَمِعُوۡا لَهَا تَغَيُّظًا وَّزَفِيۡرًا

“Apabila dia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suaranya yang gemuruh karena marahnya.” (QS Al Furqan 12).

إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا وَهِىَ تَفُورُ

“Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak.” (QS Al Mulk 7).

10. Penjaganya

. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS At Tahrim 6).

11. Pintunya

لَهَا سَبۡعَةُ اَبۡوَابٍؕ لِكُلِّ بَابٍ مِّنۡهُمۡ جُزۡءٌ مَّقۡسُوۡمٌ

“(Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka.” (QS Al Hijr 44).[REP]

Tags: #11 Gambaran Neraka dari Bentuk #Dalam #Hingga Suhu #Luas